cover
Contact Name
I Nyoman Laba Jayanta
Contact Email
info.ejournal@undiksha.ac.id
Phone
+6281236933978
Journal Mail Official
info.ejournal@undiksha.ac.id
Editorial Address
Jl Udayana Kampus Tengah Singaraja Bali 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Indonesian Journal of Instruction
ISSN : -     EISSN : 27458628     DOI : https://doi.org/10.23887/iji
Core Subject : Social,
Indonesian Journal of Instruction (IJI) is an internationally recognized journal in the field of education and is published four times a year (in January, mei september). The aim of this journal is to publish high quality studies in the areas of instruction, learning, teaching, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments. Studies may relate to any age level - from infants to adults. IJI, being an international journal, our editorial advisory board members are from various countries around the world. The articles sent to the Journal are always reviewed by two members of the Editorial Advisory Board (double blind peer review), and in some cases, if necessary, by another member of the Board. Depending on the evaluation reports of the members of the Editorial Advisory Board, articles are published or not. Article evaluation process takes approximately three months. The authors are responsible for the errors, if any, in their published articles. The articles need to be not published elsewhere previously.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2020): September 2020" : 5 Documents clear
LKPD Interaktif Berbasis Guided Discovery Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar Ni Made Sri Elisyanti; Ni Wayan Suniasih
Indonesian Journal of Instruction Vol. 1 No. 3 (2020): September 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/iji.v1i3.32034

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya lembar kegiatan untuk pembelajaran daring pada situasi pandemi covid-19 yang mengakibatkan LKPD yang diberikan kepada peserta didik kurang maksimal sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan penggunaan rumus-rumus materi bangun ruang pada mata pelajaran matematika. Selain itu, umpan balik yang dirasakan peserta didik terhadap LKPD yang diberikan oleh guru kurang cepat. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengemabangan LKPD interaktif dan (2) mendeskripsikan kelayakan LKPD interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif. Metode utama yang digunakan yaitu metode kuesioner dilengkapi dengan wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil rancang bangun pengembangan LKPD interaktif ini meliputi lima tahap yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. (2) Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa LKPD interaktif layak berdasarkan: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi baik (87,5%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (91%), dan (d) hasil uji perorangan dengan kualifikasi sangat baik (93,67%). Berdasarkan uji kelayakan tersebut pengembangan LKPD interaktif ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Pelaksanaan Pembelajaran Daring Berdasarkan Persepsi Orangtua Ni Made Musdwiyeni; I Gusti Agung Ayu Wulandari
Indonesian Journal of Instruction Vol. 1 No. 3 (2020): September 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/iji.v2i1.32761

Abstract

Peran orang tua dalam mendampingi anak pada saat pelaksanaan pembelajaran daring sangat penting, akan tetapi karena metode pembelajaran daring ini masih tergolong baru di kalangan masyarakat sehingga banyak memunculkan persepsi yang berbeda beda di kalangan masyarakat terkhususnya para orang tua yang anaknya tengah mengikuti kegiatan pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis persepsi orang tua terhadap pendampingan anak serta untuk mengetahui persepsi orang tua siswa terhadap penyediaan sarana prasarana dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan pada masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua siswa yang berjumlah 347 yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data persepsi orang tua menggunakan metode non tes berupa kuesioner dengan menggunakan skala empat. Data yang diperoleh kemudian di uji dengan menggunakan uji statistik deskriptif. Berdasarkan hasil data diperoleh persentase rerata dimensi pendampingan yaitu 77,21% yang memiliki kriteria positif. Sedangkan pada dimensi sarana prasarana diperoleh persentase rerata 67, 17% yang memiliki kriteria kurang positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa orang tua masih dapat mendampingi anak dalam pelaksanaan proses pembelajaran daring akan tetapi didalam menyiapkan penunjang sarana prasarana pembelajaran daring orang tua masih kesusahan didalam pelaksanaan pembelajaran daring.
Kontribusi Disiplin Kerja dan Resiliensi Terhadap Kinerja Guru Ni Putu Sri Madya Utami; Made Putra
Indonesian Journal of Instruction Vol. 1 No. 3 (2020): September 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/iji.v1i3.32776

Abstract

Sulitnya mempertahankan kinerja guru disebabkan oleh berkurangnya kesadaran guru untuk mempertahankan disiplin kerja dalam mengemban seluruh tugas dan tanggung jawab serta menurunnya resiliensi karena banyaknya tekanan dan permasalahan yang harus dihadapi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran kontribusi disiplin kerja dan resiliensi terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan seluruh populasi digunakan sebagai sampel berjumlah 32 orang dan teknik sampling yang digunakan yaitu sampling total. Pengumpulan data dilakukan dengan metode non tes melalui  pencatatan dokumen untuk data kinerja guru dan menggunakan instrumen kuesioner untuk data disiplin kerja dan resiliensi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial dengan teknik analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang signifikan disiplin kerja terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,6529 dan kontribusi sebesar 29,21%, (2) terdapat kontribusi yang signifikan resiliensi terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,6637 dan kontribusi sebesar 30,97%, (3) terdapat kontribusi yang signifikan disiplin kerja dan resiliensi terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi 0,7758 dan kontribusi sebesar 60,18%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa  terdapat kontribusi yang signifikan disiplin kerja dan resiliensi terhadap  kinerja guru, sehingga disiplin kerja dan resiliensi secara bersama-sama dapat meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini terimplikasi sebagai sumbangan informasi mengenai disiplin kerja dan resiliensi dalam kaitannya dengan kinerja guru.
Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru I Putu Aditya Tantrayana; DB. Kt. Ngr. Semara Putra
Indonesian Journal of Instruction Vol. 1 No. 3 (2020): September 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/iji.v1i3.32805

Abstract

Kinerja guru yang belum optimal disebabkan oleh kurangnya pemahaman guru tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kecerdasan emosional dan etos kerja terhadap kinerja guru. Jumlah populasi penelitian yaitu 35 orang guru. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling total sehingga seluruh anggota populasi yang berjumlah 35 orang guru dijadikan sebagai sampel penelitian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto. Metode pengumpulan data menggunakan metode non tes dengan melakukan penyebaran kuesioner. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan teknik analisis regresi linear sederhana untuk uji hipotesis I dan II serta analisis regresi linear berganda untuk uji hipotesis III. Sebelum uji regresi, dilakukan uji asumsi sebagai prasyarat analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) terdapat kontribusi yang signifikan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,6603 dan besaran kontribusi variabel 43%, (2) terdapat kontribusi yang signifikan etos kerja terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,6101 dan besaran kontribusi variabel 37%, (3) terdapat kontribusi yang signifikan kecerdasan emosional dan etos kerja terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi 0,7760 dan besaran kontribusi variabel 60%. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan kecerdasan emosional dan etos kerja terhadap kinerja guru. Kecerdasan emosional dan etos kerja tinggi yang dimiliki guru menjadikan guru mengedepankan hati nurani dalam mengambil sebuah tindakan dan memiliki semangat yang positif di dalam bekerja.
Kesulitan Siswa dan Guru Kelas V SD Dalam Pembelajaran Dimasa Pandemi Putu Rommy Baskara Dewa
Indonesian Journal of Instruction Vol. 1 No. 3 (2020): September 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/iji.v1i3.40062

Abstract

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization pada tanggal 11 Maret 2020 resmi menyatakan virus korona baru atau COVID-19 sebagai pandemi, merujuk lebih dari 118 ribu kasus infeksi di lebih dari 110 negara dan wilayah seluruh dunia dengan risiko penyebaran global lebih luas. Sehingga mengakibatkan pemerintah mengeluarkan kebijakan agar masyarakat melakukan kegiatan belajar dan bekerja dari rumah secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan guru dan siswa pada pembelajaran berbasis online di sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang secara spesifik menggunakan penelitian jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data model interaktif dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan guru pada pembelajaran berbasis online di Sekolah Dasar dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Guru dan siswa mengalami kesulitan berupa: (1) kesulitan dalam menentukan jenis penilaian; (2) kesulitan dalam menyampaikan materi; dan (3) kesulitan dalam mengevaluasi siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5